Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Contoh Modern Dance

Tari adalah bahasa universal yang memungkinkan kita untuk berbicara tanpa kata-kata. Dalam dunia tari, ada salah satu bentuk seni pertunjukan yang sangat mencolok dan menginspirasi, yaitu "Modern Dance." Artikel ini akan membawa Anda untuk menjelajahi dunia tari Modern Dance.

Pengertian Modern Dance

Modern dance dapat diartikan sebagai bentuk tarian dengan gerakan lebih ekspresif dan dapat menjadi suatu karya baru. Ragamnya gerakan tersebut disebabkan oleh pengaruh budaya asing pada abad ke-20 di Amerika Serikat dan Eropa.

Hal ini juga yang membuat tari modern lebih bebas dibandingkan dengan tari tradisional. Meski demikian, gerakan yang diciptakan dari tari modern tetap berlandaskan pada pola-pola yang ada, sehingga terciptalah koreografi yang indah.


Ciri Ciri Modern Dance

1. Gerak yang digunakan berlawanan dengan gerak tari tradisional

Modern dance memiliki gerak yang lebih bebas dan ekspresif dibandingkan dengan tari tradisional. Gerak-gerak dalam modern dance tidak terikat pada aturan-aturan tertentu, seperti pola lantai, irama, atau tema.

2. Akan terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu

Modern dance merupakan bentuk seni yang terus berkembang dan berinovasi. Hal ini terlihat dari perubahan-perubahan yang terjadi dalam modern dance dari waktu ke waktu, seperti bentuk musik pengiring, alat musik, gerakan yang bervariasi, dan elemen-elemen lainnya.

3. Ekspresi yang ditampilkan penari tari modern adalah ekspresi pribadinya

Modern dance merupakan bentuk seni yang ekspresif. Para penari modern dance bebas untuk mengekspresikan diri mereka secara bebas melalui gerakan, ekspresi, dan musik.

4. Gerak, ekspresi, dan durasi tidak konstan

Tari Modern memiliki gerak yang tidak terikat pada aturan-aturan tertentu, seperti pola lantai, irama, atau tema. Gerak-gerak dalam tari kontemporer juga dapat berubah-ubah dari waktu ke waktu, sesuai dengan keinginan penari dan pencipta tari.

5, Tariannya tidak bisa dipertahankan lama atau cenderung bertahan secara singkat

Tari kontemporer sering kali memiliki durasi yang singkat, yaitu sekitar 5-10 menit. Hal ini karena tari kontemporer merupakan bentuk seni yang ekspresif dan tidak terikat pada aturan-aturan tertentu.

6. Iringan musik cenderung lepas

Iringan musik dalam tari kontemporer sering kali tidak mengikuti pola tertentu. Iringan musik dapat berubah-ubah dari waktu ke waktu, sesuai dengan keinginan penari dan pencipta tari.

7. Pola, gerak, dan musik cenderung menyatu dengan suasana

Tari kontemporer sering kali menggambarkan suasana tertentu. Pola lantai, gerak, dan musik dalam tari kontemporer akan menyatu untuk menggambarkan suasana tersebut.

Fungsi Modern Dance

1. Sebagai wadah mengekspresikan emosi

Modern dance merupakan salah satu wadah bagi beberapa orang untuk mengekspresikan apa yang dirasakan melalui gerakan tubuh dengan iringan musik. 

2. Sebagai sarana hiburan

Modern dance bisa dijadikan sebagai hiburan untuk memeriahkan atau merayakan suatu pertemuan hingga event. 

3. Sebagai sarana pertunjukan

Modern dance sebagai pertunjukan bertujuan untuk memberi pengalaman estetis kepada penonton. Pada umumnya disajikan agar dapat memperoleh tanggapan apresiasi sebagai suatu hasil seni yang dapat memberi kepuasan pada mata dan hati penontonnya.

4. Sebagai sarana meningkatkan perekonomian

Dengan adanya pertunjukan modern dance yang terus berkembang dapat menjadi sarana meningkatkan perekonomian baik bagi dancer atau koreografer maupun perekonomian negara melalui sektor pariwisata.

Contoh Modern Dance

1. Moonwalk Dance



Moonwalk, atau yang disebut juga dengan istilah backslide, merupakan jenis tari modern yang menampilkan ilusi penari yang ditarik ke belakang, saat sedang mencoba berjalan maju. Model dance ini populer setelah ditampilkan oleh Michael Jackson.

2. Tango Dance


Tango dance merupakan tari pergaulan yang berasal dari Amerika Latin dan telah populer di seluruh dunia. Iramanya didasarkan pada hitungan 2/4 atau 4/4, sedangkan temponya sedang. Gerakan tarian ini sangat memikat karena dilakukan dengan langkah-langkah yang menimbulkan kesan dan perasaan melayang.

3. Shuffle Dance



Tari modern yang satu ini, mulai dikembangkan pada tahun 1980-an oleh Mc Hammer, lewat video musik ataupun live show. Tarian yang dibuat oleh Paula Abdul, yakni seorang koreografer Janet Jackson. Shuffle Dance dilakukan dengan gerakan geser atau langkah hopping, yang menekankan kekuatan dan kecepatan kaki.





Jadi Modern Dance adalah bentuk seni pertunjukan yang membebaskan ekspresi dan memungkinkan para penari untuk mengomunikasikan perasaan mereka dengan bebas. Seiring berjalannya waktu, Modern Dance terus berkembang, menciptakan karya-karya yang menginspirasi dan memikat penonton di seluruh dunia.


Posting Komentar