Surat Lamaran Pekerjaan

Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan merupakan surat permohonan yang di tulis seorang pencari pekerjaan untuk bekerja di suatu lembaga atau instasi pemberi pekerjaan. Surat  ini termasuk ke dalam surat pribadi yang berisi identitas diri, jasa yang dapat diberikan, pendidikan, kecakapan/keahlian, serta pengalaman. Dikatakan sebagai surat pribadi karena dikirim dari individu ke lembaga atau instansi. Surat ini ditujukan kepada intansi atau lembaga pemberi kerja maka bahasa yang digunakan adalah bahasa baku (formal).

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

  • Tesis
Tesis atau pernyataan umum adalah informasi awal pelamar terkait dengan pekerjaan yang akan dilamar. Hal ini dapat berisikan tentang informasi lowongan pekerjaan, keinginan menempati posisi pekerjaan.

Contohnya:
Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan dari harian surat kabar Pikiran Rakyat, perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi. Melalui surat lamaran ini, saya mengajukan diri untuk melamar kerja di instansi yang Bapak/Ibu pimpin, guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. 

  • Argumentasi
Untuk menguatkan pernyataan umum (tesis), penulis perlu memberikan argumentasi pada surat lamaran pekerjaan. Argumentasi dapat berisi terkait kualifikasi pendidikan, pengalaman kerja, kelebihan pelamar yang sesuai bidang yang akan di lamar.

Contohnya:

Berdasarkan kualifikasi yang ditentukan iklan tersebut, saya memenuhi persyaratan yang diminta. Oleh karena itu, sebagai bahan pertimbangan saya melampirkan:

1. daftar riwayat hidup;

2. fotokopi ijazah terakhir; 

3. fotokopi KTP.

  •  Penegasan (penutup surat)
Penegasan atau penutup adalah pernyataan penulis surat tentang harapan penulis dan salam penutup surat. 

Contohnya:
Besar harapan saya dapat diterima sebagai karyawan. Atas pertimbangan Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

 

Sistematika dan Kebahasaan Surat Lamaran Pekeerjaan

  • Tempat dan tanggal lahir
tempat dan tanggal surat diletakkan di pojok kanan atas tanpa tanda titik sebagai akhiran karena bukan merupakan sebuah kalimat. 
Yogyakarta, 8 Agustus 2020

  •  Lampiran dan hal
kata "lampiran" dan "hal" tidak perlu disingkat dan angka dalam lampiran ditulis dengan menggunakan huruf latin kecuali angka lebih dari 20 tetap menggunakan angka. Hal dan Perihal ditulis kapital hanya pada huruf pertama dan diakhiri tanpa titik.
Hal                  : Lamaran pekerjaan
Lampiran        : Lima lembar

  •  Alamat surat
Alamat surat adalah informasi tentang penerima surat, yang berisi alamat lengkap tempat surat akan dikirimkan. Informasi ini dituliskan di bagian bawah lampiran. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menulis alamat surat.

-    Jika tidak diketahui jabatannya dapat menggunakan "kepada".
-    Alamat disarankan tidak lebih dari tiga baris.
-    Jabatan menggunakan jenis kelamin seperti Bapak atau Ibu .
-    Tulisan "Jalan" tidak boleh disingkat.
-    Tidak menggunakan titik di masing masing akhir baris.
Yth. Manajer Hime Abadi
Jalan Soekarno 01, Jakarta Selatan, Jakarta 

Yth. Bapak Imaw

Manajer Personalia PT Hime Jaya Abadi

Jalan Soekarno 01, Jakarta Selatan, Jakarta

Kepada 

PT Hime Jaya Abadi

Jalan Soekarno 01, Jakarta Selatan, Jakarta

  • Salam Pembuka
Salam pembuka dalam surat adalah ucapan atau frase yang digunakan di awal surat untuk menyapa penerima atau pembaca surat. Salam pembuka ini biasanya mencerminkan sikap sopan dan penghormatan terhadap penerima surat. Umumnya salam pembuka pada surat menggukana kata "Dengan hormat" dengan awalan kapital dan diikuti koma diakhir. Hal tersebut karena salam pembuka dan pembuka surat masih menjadi satu kesatuan.

Dengan hormat,

Salam sejahtera, 

  • Pembuka

Di dalam pembuka harus muncul pernyataan umum yang menggambarkan diri pelamar (tesis). Aliena pembuka seaiknya menggunakan bahasa yang baik dan sopan agar para pihak atau instansi yang membacanya tidak tersinggung. 


Di dalam pembuka dapat dituliskan sumber informasi lowongan baik dari internet ataupun dari koran. Jika dari internet dapat ditulis lengkap halaman websitenya contoh  "www.carikerja.com" dan jika dari koran dapat ditulis nama koran (dengan huruf miring) dan tanggal terbitnya contohnya "koran Kompas, edisi 17 Agustus 2005".

  • Isi

a)   Identitas

Isi identitas berisi keterangan berupa nama, tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir, dan dapat ditambah lagi sesuai dengan keperluan. 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini: 
nama                         : Paijo;
tempat, tanggal lahir : Jakarta, 7 Januari 1995;
pendidikan                : S-1 Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada;
alamat                       : Dukuhturi, Bumiayu, Brebes, 52273.

b)    Maksud dan tujuan

Berisi Alasan pengirim atau pelamar pekerjaan menulis surat.

c)    Menyatakan lampiran

Dalam lamaran pekerjaan terdapat beberapa lampiran tentang syarat yang diminta instansi yang membutuhkan pekerjaan. Oleh karena itu, pelamar harus memenuhi lampiran yang diminta.

fotokopi ijazah terakhir beserta transkripnya yang telah dilegalisasi sebanyak satu lembar;

pasfoto ukuran 3x4 cm sebanyak empat lembar;

 fotokopi Kartu Pencari Kerja (AK.I) yang telah dilegalisasi sebanyak satu lembar;

daftar riwayat hidup;

surat keterangan kesehatan;

surat keterangan catatan kriminal.

  • Penutup Surat

Berisi keantusiasan pelamar pekerjaan kepada instansi yang dituju. Bila awalan kalimat berupa keterangan maka perlu diikuti tanda koma agar tidak menimbulkan makna ambigu. Dilarang juga menggunakan kata tambahan -nya  pada kalimat "atas perhatiannya" karena merujuk pada pihak ketiga.

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya sampaikan. Besar harapan saya untuk dapat menjadi bagian dari PT Hime Jaya Abadi. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

  • Salam Penutup
Salam penutup sangat penting dalam surat lamaran pekerjaan. Salam penutup sebagai bentuk etika, sopan santun, dan penghormatan terhadap pembaca surat.
Hormat saya,

  • Tanda tangan dan nama  terang
Tanda tangan bisanya berada di pojok kanan bawah surat, lalu di bawahnya ditulis nama lengkap (nama terang). Dalam penulisan nama terang, terdapat beberapa aturan mengikuti PUEBI yang perlu diperhatikan.

Hormat saya, 


Paijo        


Posting Komentar