Singular dan Plural: Pengertian, Perbedaan, Macam, dan Contohnya

Pengertian

Dalam berbahasa inggris, kita sering menjumpai berbagai bentuk kalimat. Namun ternyata banyak kata tidak mempengaruhi terbentuknya suatu kalimat. Suatu kalimat terbentuk apabila minimal terdiri dari noun (kata benda) dan verb (kata kerja). Noun (kata benda) dan verb (kata kerja) ini di dalam kalimat dapat berubah bentuk berdasarkan jumlahnya. 

Pembagian berdasarkan jumlah ini lah yang membuat kita akan mengenal istilah singular dan plural. Singular artinya tunggal atau satu, sedangkan plural artinya jamak atau lebih dari satu.

Singular

Plural

Noun

Verb

Noun

Verb

A boy

Plays a game

The boys

Play a game

A man

Is handsome

The men

Are handsome

Lantas apa perbedaan dari singular (kata benda) dan plural pada noun dan verb (kata kerja) ? Berikut adalah penjelasannya

Perbedaan Singular dan Plural pada Noun dan Verb

1. Singular
  • Singular noun adalah kata benda yang merujuk pada suatu benda baik itu benda hidup, benda mati, dan tempat yang jumlahnya hanya satu saja.
  • Singular verb adalah kata kerja yang mengenai singular noun. Artinya singular verb ini juga merupakan kata kerja yang dipasangkan atau dijodohkan dengan kata singular noun untuk membentuk satu kalimat.
Pengertian Singular and Plural Noun
Contoh Singular


2. Plural
  • Plual noun adalah kata benda yang merujuk pada suatu benda baik itu benda hidup, benda mati, dan tempat yang jumlahnya jamak atau melebihi dari satu.
  • Plural verb merupakan kata kerja yang di gabungkan atau dipasangkan terhadap plural noun untuk membentuk satu kalimat.
Pengertian Singular and Plural Noun
Contoh Plural


Cara Merubah Noun dan Verb Tunggal Menjadi Jamak

1. Menambahkan akhiran s/es

Penambahan s/es ini berkaitan keterbalikan antara singular noun da singular verb. Jika singular verb diikuti s/es, akhiran kata singular noun tidak boleh berakhiran s/es. 

Singular Verb + "s/es" = Singular Noun Tanpa "s/es"

Contoh:
  • He plays (verb) the guitar (noun).
  • She Runs (verb) the marathon (noun).
  • The bird (noun) sings(verb) beautifully.


Sebaliknya pada singular verb  jika tidak diikuti oleh s/es, maka singular noun perlu ditambahkan s/es di akhir katanya.

Singular Verb Tanpa "s/es" = Singular Noun + "s/es"

Contoh:
  • She reads (verb) two books (noun).
  • The dog (noun) barks (verb) loudly.
  • He writes (verb) a letter (noun).

2. Menambahkan akhiran -en

Penambahan akhiran -en pada suatu kata tunggal dapat menjadikannya menjadi kata jamak. Walaupun tidak semua kata dapat ditambahkan dengan -en, tetapi terdapat kata kata yang familiar yang biasanya ditambahkan -en. Berikut ini adalah contoh dari penambahan -en pada singular:

Singular

Plural

Child (anak)

Children (anak-anak)

Ox (sapi jantan)

Oxen (sapi-sapi jantan)



3. Irregular noun

Iregular noun adalah kata benda yang bentuk jamaknya berbeda huruf vokal dengan bentuk tunggalnya atau dengan kata lain irregular noun adalah kata benda tidak beraturan.Ini berarti bahwa bentuk jamaknya tidak mengikuti aturan umum penambahan akhiran seperti menambahkan "s" atau "es." Sebaliknya, kata-kata ini memiliki bentuk jamak yang unik. Berikut adalah beberapa contoh kata benda tunggal dan bentuk jamaknya yang tidak teratur (irregular):

Singular

Plural

Woman (Wanita)

Women (Wanita-wanita)

Child (anak)

Children (anak-anak)

Tooth (gigi)

Teeth (gigi-gigi)

Foot (kaki)

Feet (kaki-kaki)

Mouse (tikus)

Mice (tikus-tikus)

Person (orang)

People (orang-orang)

Ox (sapi jantan)

Oxen (sapi-sapi jantan)

Man (pria)

Men (pria-pria)

✓ TerlamaLebih baru ›

Posting Komentar